1 beep panjang , 2 beep pendek
Deskripsi: Ada masalah pada kartu grafis atau VGA komputer  Anda.
Solusi:
Cek dan pastikan kartu grafik atau VGA komputer Anda sudah terpasang dengan baik. Posisi VGA yang kurang pas atau kurang masuk ke slot bisa menjadi penyebabnya.
Cek dan pastikan colokan kabel monitor yang terhubung ke VGA atau kartu grafis juga terpasang dengan tepat, sebaiknya kencangkan baut pengunci yang ada di kedua sisinya.
Jika belum  menyelesaikan masalah, coba lepas VGA atau kartu grafis kemudian bersihkan lempeng VGA menggunakan kuas, jangan lupa bersihkan juga slot VGA di motherboard, lalu pasang kembali.
Apabila ketiga cara diatas belum berhasil, ada kemungkinan kartu grafis atau VGA Andalah yang bermasalah atau rusak. Cobalah cek dengan memasang kartu grafis atau VGA lain ke motherboard Anda, atau sebaliknya, pasang kartu grafis Anda ke motherboard lain.
Jika ternyata kartu grafis Anda tidak bermasalah, berarti dapat disimpulkan masalah ada pada slot kartu grafis di motherboard Anda. Jika hal ini terjadi Anda perlu membawa motherboard Anda ke tempat service rujukan.

1 beep panjang, 3 beep pendek.
Deskripsi: Kartu grafis atau VGA tidak terkenali / terdeteksi.
Solusi:
Cek dan pastikan kartu grafis Anda terpasang dengan benar. Posisi VGA yang kurang pas atau kurang masuk ke slot bisa menjadi penyebabnya.
Jika bunyi beep masih terjadi, lepas kartu grafis lalu bersihkan lempeng kartu grafis menggunakan kuas, jangan lupa bersihkan juga slot kartu grafis pada motherboard.
Jika tetap belum berhasil, cobalah untuk mengganti kartu grafis yang Anda gunakan.

Beep berulang tanpa henti (saat PC baru di nyalakan).
Deskripsi: Ada masalah pada memori atau RAM pc Anda.
Solusi:
Cek dan pastikan kartu memori atau RAM terpasang dengan sempurna, cek pengait yang ada di kedua ujung slot.
Lepas kartu memori atau RAM, kemudian bersihkan lempeng RAM menggunakan kuas, bersihkan juga slot kartu memori pada motherboard, lalu pasang kembali. Jika memungkinkan cobalah memasang RAM pada slot yang lain.
Jika cara-cara diatas belum juga berhasil, ada kemungkinan memang kerusakan ada pada Kartu memori atau RAM Anda.

Beep berulang tanpa henti (Ketika PC sedang digunakan).
Deskripsi: Suhu pada CPU Anda terlalu tinggi.
Solusi:
Cek dan pastikan kipas pada prosessor berputar dengan baik. Jika kotor Anda bisa merbersihkannya.
Cek kipas-kipas yang ada pada Casing komputer Anda. Pastikan sirkulasi udara bekerja sempurna. Jika perlu Anda bisa memasang kipas tambahan untuk mendinginkan udara di dalam casing PC Anda.

Beep berulang dengan suara tinggi-rendah tanpa henti.
Deskripsi: Ada masalah dengan CPU atau processor PC Anda.
Solusi:
Ada kemungkinan pemasangan CPU kurang sempurna. Cek kaki-kaki CPU atau processor, pastikan penempatan processor sudah benar.
Cek dan pastikan kipas processor berputar dengan benar. Jika kotor dan banyak debu yang menempel, Anda perlu membersihkannya.
 
Top